Jumat, 11 Oktober 2013

Program Corporate Social Responsibility (CSR) pada PT. Astra Honda Motor




PT Astra Honda Motor (AHM) merupakan pelopor industri sepeda motor di Indonesia. Didirikan pada 11 Juni 1971 dengan nama awal PT Federal Motor, yang sahamnya secara mayoritas dimiliki oleh PT Astra International. Saat itu, PT Federal Motor hanya merakit, sedangkan komponennya diimpor dari Jepang dalam bentuk CKD (completely knock down). Saat ini PT Astra Honda Motor memiliki 3 fasilitas pabrik perakitan, pabrik pertama berlokasi Sunter, Jakarta Utara yang juga berfungsi sebagai kantor pusat. Pabrik ke dua berlokasi di Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, serta pabrik ke 3 yang berlokasi di kawasan MM 2100 Cikarang Barat, Bekasi. Pabrik ke 3 ini merupakan fasilitas pabrik perakitan terbaru yang mulai beroperasi sejak tahun 2005. Dengan keseluruhan fasilitas ini PT Astra Honda Motor saat ini memiliki kapasitas produksi 4.2 juta unit sepeda motor per-tahunnya, untuk  permintaan pasar sepeda motor di Indonesia yang terus meningkat. Salah satu puncak prestasi yang berhasil diraih PT Astra Honda Motor adalah pencapaian produksi ke 35 juta pada tahun 2012. Prestasi ini merupakan prestasi pertama yang yang berhasil diraih oleh industri sepeda motor di Indonesia bahkan untuk tingkat ASEAN. PT. AHM ini mempunyai program – program CSR (Company Social Responsibility) diantaranya :

1.       Bidang Sosial
Sebagai salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan, kegiatan pembagian bantuan paket Sembako di bulan Ramadhan ini merupakan agenda rutin tahunan perusahaan. Kepedulian perusahaan terhadap masyarakat ini diharapkan dapat meringankan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok di bulan Puasa.  Sebanyak 979 paket sembako Ramadhan didistribusikan di wilayah Kelurahan Sunter Jaya, Cakung Barat, Cikarang Barat, dan masyarakat sekitar Kawasan Industri Pulogadung. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 23 dan 24 Juli 2013 bertempat di kantor Kelurahan, RW, dan RT setempat yang telah ditunjuk sebelumnya. Sebelumnya, AHM bekerjasama dengan Astra Otoparts grup menyerahkan 1.050 paket Sembako Ramadhan di wilayah Pegangsaan Dua pada tanggal 19 Juli 2013. Kegiatan bersama yang telah dilakukan sejak tahun 2002 ini merupakan sinergi program CSR di Astra Grup. 

2.       Bidang Pendidikan
CSR kembali dilaksanakan oleh PT Astra Honda Motor (AHM) dengan menyumbangkan 33 unit sepeda motor kepada 17 Sekolah Menengah Kejuruan dan Balai Latihan Kerja yang di beberapa kota di Pulau Jawa. Penyerahan bantuan tersebut dilakukan di Plant I AHM - Sunter Jakarta Utara secara langsung kepada para Kepala Sekolah atau wakilnya untuk dibawa ke institusinya masing-masing. Bantuan ini merupakan salah satu bentu perwujudan kegiatan corporate social responsibility (CSR) perusahaan di bidang pendidikan. Kristanto, Head of Corporate Communication PT AHM mengatakan dengan bantuan unit sepeda motor ini AHM berharap dapat berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan terutama yang terkait dengan teknologi di bidang otomotif.



sumber :
http://www.astra-honda.com/index.php/about/index/1
http://www.astra-honda.com/index.php/csr


1 komentar:

Firman Juliansyah mengatakan...

Buat yg perlu support EO utk Ramadhan, boleh kontak saya. Kami siap bantu dari konsep, planning, hingga eksekusi. Event Anda akan ditangani secara cermat. Kami menerapkan MBO utk event Anda di antaranya corporate gathering, customer gathering, CSR, promotional, pengajian, pameran, maupun PR event. Call 082154050790. Thx

Posting Komentar